Content

Tips Untuk Memilih Lensa Kamera

Tuesday, December 14, 2010
Tips Untuk Memilih Lensa Kamera 

Pemilihan lensa yang baik bukanlah pekerjaan yang mudah, padahal dalam dunia fotografi, lensa memegang peranan yang cukup vital. Kesulitan yang sering dialami oleh calon pembeli dalam pemilihan lensa yang tepat adalah banyaknya pilihan lensa yang beredar di pasaran dan bagaimana memilih lensa yang pas dengan kebutuhan.
Ada Bermacam-macam lensa yang ada yang memiliki fungsi dan spesifikasi masing-masing, untuk itulah ketika akan membeli kita harus menyesuaikan  dengan tingkat kebutuhan.
Hal pertama yang harus diperhatikan adalah diameter lensa yang akan kita beli. berdasarkan diameter lensa, kini dikenal dua golongan umum yaitu :
  • lensa full-frame (35mm) untuk DSLR full-frame dan SLR film 35mm
  • lensa crop sensor untuk DSLR dengan sensor yang lebih kecil dari sensor full-frame, yaitu sensor APS-C (Canon, Nikon, Pentax, Sony) dan sensor Four Thirds (Olympus)
lensa full-frame


Kemudian kita juga harus memperhatikan Fokal Lensa. Ada dua jenis lensa bila dilihat dari fokal lensanya yaitu lensa fix (prime) dan lensa zoom. Lensa fix adalah lensa yang hanya memiliki satu nilai panjang fokal dan lensa zoom adalah lensa yang dapat berubah dari fokal terpendek hingga terpanjang

Tips terakhir tentu saja dengan membandingkan harga lensa sejenis dibeberapa toko yang berbeda. Terkadang perbedaan harga nya bisa sampai 200rban lho!!lumayan kan?jadi demikian hati-hati dan teliti adalah dua hal yang harus dilakukan sebelum memilih kamera!:)

Sumber :
http://www.basic-digital-photography.com/digital-photography-tips.html
http://kamera-gue.web.id/2010/03/21/panduan-memilih-lensa-dslr/

0 comments:

Post a Comment